14.17
2
Dewasa ini banyak beredar makanan bubur bayi instan di pasaran tak layak konsumsi, sehingga memudahkan bagi sang ibu atau anggota keluarga lainnya memilih asupan yang tepat bagi buah hatinya tetapi tidak mengetahui akan kualitas dari makanan tersebut. Hanya saja seiring meningkatnya kebutuhan pasar, kadang-kadang pihak penjual, apakah toko atau swalayan tidak mempedulikan tingkat keamanan dan kesehatan atas makanan bayi instan yang diperdagangkan.
beredar-bubur-bayi
Seperti masa edar atau kadaluarsa (expired) yang dilanggar, atau kemasan yang rusak namun tetap saja diperjualbelikan. Nah, kondisi inilah yang harus diwaspadai konsumen atau masyarakat agar tidak dirugikan oleh ulah pedagang tersebut.
Menurut Direktur Lembaga Pembelaan dan Perlindungan Konsumen (LPPK) Jateng menangkap masih banyak kecurangan di toko atau di swalayan besar atau kecil. Jika swalayan besar di Semarang pernah Saya melihat label expired (kadaluarsa) ditutupi dengan label harga. Dan untuk toko kecil kebanyakan menghapus atau merusak keterangan kadaluarsa pada barang itu.

Dikatakan jika ada indikasi kesengajaan dari distributor mulai pabrik hingga pedagang asongan bisa ditindak hukum pidana maupun perdata sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999. Inilah yang harus dimengerti masyarakat.
Dalam kasus ini sebenarnya dari pihak institusi terkait, seperti Dinas Kesehatan atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) harus tanggap terhadap fenomenal jual beli makanan di pasaran tersebut. Bahkan kalau sudah mencakup partai besar, maka yang berhak menangani adalah pihak kepolisian.

Pihaknya juga prihatin sudah banyaknya minuman susu maupun bubur balita yang dikonsumsi banyak orang, sebagian besar hasil import yang tidak memenuhi syarat. Seharusnya pihak dari BPOM dan POLRI yang bertindak tegas. Jangan sampai ada korban keracunan atau hingga berujung kematian baru bertindak. Dan pemerintah juga harus ikut melakukan aksi meninjau TKP jangan sekedar memantau atau mengawasi beredar bubur bayi tak layak konsumsi.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Awas Beredar Bubur Bayi Tak Layak Konsumsi
Ditulis oleh roy z
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Bila ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini diharapkan Anda menyadur dengan gaya bahasa Anda sendiri dan serta menyertakan link dofollow sebagai berikut https://sehatmulia.blogspot.com/2013/09/awas-beredar-bubur-bayi-tak-layak-konsumsi.html. Terima kasih Anda sudah singgah dan membaca artikel ini.

2 komentar:

  1. menakutkan ya apabila kita tidak waspada dan mengecek selalu massa berlakunya makanan bayi tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya perlu hati-hati lihat selalu label masa berlakunya makanan selalu apabila ingin membeli makanan bubur bayi instan

      Hapus

 
close
marketing-mobil-wuling